Minggu, 20 Januari 2013

SBMPTN 2013 – SNMPTN Tertulis 2013


SNMPTN Tertulis pada tahun 2013 yang tidak diselenggarakan secara langsung oleh pemerintah Indonesia tentunya mengandung konsekuensi, salah satunya yaitu penggantian nama SNMPTN Tulis menjadi SBMPTN yang merupakan akronim dari Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi inipun biayanya ditanggung oleh masing-masing peserta tes, tidak seperti SNMPTN 2013 yang biayanya ditanggung oleh pemerintah.


Sampai saat ini, ketentuan terkait penyelenggaraan SBMPTN 2013 masih sangat minim mengingat teknis SBMPTN ini masih dalam perumusan. Penyelenggaraannya pun dipastikan setelah proses SNMPTN 2013 selesai. Kuota penerimaan mahasiswa baru dari jalur ini kemungkinan berkisar antara 20-40%, sedangkan peserta yang berhak mengikuti jalur ini adalah lulusan dari tahun 2011 hingga siswa yang akan mengikuti UN tahun 2013 ini.


Sebagai tambahan informasi, walaupun SBMPTN ini tidak diselenggarakan langsung oleh pemerintah pusat, namun PTN peserta sekaligus penyelenggara seleksi SBMPTN ini  mencapai 61 PTN yang berarti hampir semua perguruan tinggi negeri dapat menerima mahasiswa baru dari jalur ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I'd like to know your opinion :)