Kamis, 17 Januari 2013

Kencur untuk Suara Fit dan Bugar

Jika anda punya masalah dengan yang namanya sakit tenggorokan atau gangguan suara, mungkin solusi ini dapat membantu dan meringankan "penderitaan" anda. Kencur, tanaman yang sangat berguna untuk berbagai jamu dan menjaga kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu sebagai penjernih suara. Sebagai penyanyi atau pembaca Al-Qur'an, penceramah, atau sebagainya kencur ini dapat sangat membantu untuk melancarkan profesi anda. 

Kencur (Kaempferia galanga L.) adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand). Dalam pustaka internasional (bahasa Inggris) kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal (Alpinia officinarum) maupun zedoary (temu putih), yang sebetulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti. Terdapat pula kerabat dekat kencur yang biasa ditanam dipekarangan sebagai tanaman obat, temu rapet (K. rotunda Jacq.), namun mudah dibedakan dari daunnya.


Bunga Kencur


Tumbuhan Kencur
Kencur


Nama kencur dipinjam dari bahasa Sanskertakachoraकचोर, yang berarti temu putih (Curcuma zedoaria).


Kencur merupakan temu kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembar (jarang 5) dengan susunan berhadapan, tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah.


Bayangkan jika anda seorang penyanyi yang sedang kebanjiran job lalu terkena gangguan tenggorokan? Pasti sangat mengganggu penampilan dan kualitas suara anda. Dari pada harus mengkonsumsi obat atau permen, marilah kita kembali ke alam dengan memanfaatkan tumbuhan yang murah dan mudah didapat ini yaitu kencur. 


Bagaimana caranya? Caranya adalah cukup kupas kencurnya lalu cuci bersih dan makan kencur mentah-mentah. Rasanya mau muntah sih saat pertama mencoba tapi kalau sudah terbiasa pasti nyaman dan terasa sekali manfaatnya. Dimakan semalam sebelum job atau beberapa jam sebelum tampil niscaya masalah suara anda akan teratasi. 


Kencur juga merupakan salah satu trik dari para pekerja yang mengandalkan suara mereka untuk tetap fit dan bugar. Ada baiknya juga jika mengkonsumsi kencur baik dalam bentuk mentah maupun dalam bentuk jamu secara rutin untuk menjaga kualitas suara Anda.

Jamu Kencur

1 komentar:

I'd like to know your opinion :)